Desain dan Pemodelan Grafis
Desain dapat diartikan sebagai rancangan yang merupakan
susunan dari garis, bentuk, ukuran, warna serta value dan benda yang dibuat
berdasarkan prinsip-prinsip desain (kata benda). desain dapat diartikan sebagai
proses perencanaan bentuk dengan tujuan supaya benda yang dirancang, mempunyai
fungsi atau berguna serta mempunyai nilai keindahan. (kata kerja)
.
PRINSIP DESAIN GRAFIS
a Kesatuan
(Unity)
Kesatuan merupakan salah satu prinsip dasar tata rupa yang
sangat penting. Tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya rupa akan membuat
karya tersebut terlihat cerai-berai, kacau-balau yang mengakibatkan karya
tersebut tidak nyaman dipandang.
b Keseimbangan
(Balance)
Keseimbangan adalah keadaan yang dialami oleh suatu benda
jika semua dayan yang bekerja saling meniadakan.
c Proporsi
(Proportion)
Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan matematis
dalam sebuah bidang
d Irama
(Rhythm)
Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus
menerus.
e Dominasi (Domination)
Dominasi merupakan salah satu prinsip dasar tatarupa yang
harus ada dalam karya seni dan desain.
Unsur Desain Grafis
a Garis
(Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan
antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk
gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
b Bentuk
(Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi
dan lebar.
c Tekstur
(Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda
yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
d Ruang
(Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk
lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika
desain dan dinamika desain grafis.
e Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan
besar kecilnya suatu obyek.
f Warna
(Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena
dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan
sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.
ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam
permodelan antarmuka interaksi manusia dan komputer yaitu :
- Upayakan untuk konsistensi.
urutan
tindakan yang konsisten harus diminta dalam situasi yang mirip.terminologi
identik harus digunakan pada prompt, menu, dan membantu layar.warna yang
konsisten, tata letak, kapitalisasi, font, dan sebagainya harus digunakan
seluruhnya.
- Memungkinkan pengguna sering untuk menggunakan jalan
pintas
untuk
meningkatkan laju singkatan menggunakan interaksi, tombol khusus, perintah
tersembunyi, dan marko.
- Penawaran informatif umpan balik
untuk
setiap tindakan pengguna, sistem harus merespon dalam beberapa cara (dalam
desain web, hal ini dapat dicapai dengan DHTML – misalnya, tombol akan membuat
suara klik atau mengubah warna saat diklik untuk menampilkan sesuatu yang
pengguna telah terjadi).
- Desain dialog untuk menghasilkan penutupan.
Urutan
tindakan harus diatur ke dalam kelompok dengan awal, tengah, dan akhir. Umpan
balik yang informatif pada penyelesaian sekelompok pengguna tindakan
menunjukkan aktivitas mereka telah selesai dengan sukses.
- Penawaran kesalahan pencegahan dan penanganan kesalahan
sederhana.
desain
bentuk sehingga pengguna tidak dapat membuat kesalahan serius, misalnya, lebih
memilih pilihan menu untuk membentuk mengisi dan tidak mengizinkan karakter
abjad di bidang entri numerik.
jika
pengguna melakukan kesalahan, instruksi harus ditulis untuk mendeteksi
kesalahan dan menawarkan instruksi sederhana, konstruktif, dan khusus untuk
pemulihan.
segmen
panjang formulir dan mengirimkan bagian terpisah, sehingga pengguna tidak
dikenakan sanksi karena harus mengisi formulir lagi – tapi pastikan Anda
menginformasikan kepada user bahwa beberapa bagian yang datang
- Izin tindakan pemulihan.
- Dukungan internal lokus kontrol
Pengguna
yang berpengalaman ingin bertanggung jawab. Mengejutkan sistem tindakan, urutan
membosankan data, ketidakmampuan untuk memasukan atau kesulitan dalam
mendapatkan informasi yang diperlukan, dan ketidakmampuan untuk menghasilkan
tindakan yang diinginkan semua membangun kecemasan dan ketidakpuasan.
- Kurangi beban memori jangka pendek.
Sebuah
studi menunjukkan bahwa manusia terkenal dapat menyimpan hanya 7 buah (plus
atau minus 2) informasi dalam memori jangka pendek mereka.Anda dapat mengurangi
beban memori jangka pendek dengan merancang layar di mana pilihan yang jelas
terlihat, atau menggunakan pull-down menu dan ikon.
Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap
agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya
(user friendly).Untuk membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa
bidang ilmu, antara lain :
- Teknik
elektronika & ilmu komputer
memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem
HCI
- Psikologi
memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan
kognitif, ketrampilan motorik pengguna
- Perancangan
grafis dan tipografi
sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata.
Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia &
komputer
- Ergonomik
berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan
lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar
tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat
kerja
- Antropologi
ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan
tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan
konstribusi sesuai dengan bidangnya
- Linguistik
merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa.
Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu
bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah
- Sosiologi
studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam
struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.
Elemen-elemen yang digunakan dalam desain komunikasi
visual antara lain adalah
A. ILUSTRASI
Ilustrasi adalah suatu bidang dari seni yang
berspesialisasi dalam penggunaan gambar yang tidak dihasilkan dari kamera atau
fotografi (nonphotographic image) untuk visualisasi. Dengan kata lain,
ilustrasi yang dimaksudkan di sini adalah gambar yang dihasilkan secara manual.
B. SIMBOLISME
Simbol sangat efektif digunakan sebagai sarana informasi
untuk menjembatani perbedaan bahasa yang digunakan, contohnya sebagai komponen
dari signing systems sebuah pusat perbelanjaan. Untuk menginformasikan letak
toilet, telepon umum, restoran, pintu masuk dan keluar, dan lain-lain digunakan
simbol.
C. FOTOGRAFI
Fotografi sangat efektif untuk mengesankan keberadaan
suatu tempat, orang atau produk. Sebuah foto mempunyai kekuasaan walaupun
realita yang dilukiskan kadangkala jauh dari keadaan yang sesungguhnya. Selain
itu sebuah foto juga harus dapat memberikan kejutan dan keinginan untuk
bereksperimen, misalnya dalam hal mencoba resep masakan yang baru atau tren
berpakaian terbaru.
D. TYPOGRAFI
Tipografi adalah seni menyusun huruf-huruf sehingga dapat
dibaca tetapi masih mempunyai nilai desain. Tipografi digunakan sebagai metode
untuk menerjemahkan kata-kata (lisan) ke dalam bentuk tulisan (visual).
E. LAYOUT
Layout menjadi elemen yang terakhir dan sangat penting,
dimana kita dituntut untuk bisa mengolah ruang kosong pada suatu bidang untuk
dijadikan media desain yang mudah dibaca dan agar tidak membuat si pembaca
menjadi cepat lelah ketika membaca/ melihat desain yang kita buat dikarenakan tata letak yang tidak bagus
(tidak nyaman dipandang) .
Rakhmat Supriyono.2010.Desain Komunikasi Visual-Teori dan
Aplikasi.Yogyakarta .C.V ANDI OFFSET
AJO_QQ poker
BalasHapuskami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
-bandar 66
-perang baccarat (new game )
Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
PROMO MENARIK
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) |
Whatshapp : +855969190856