Tugas Pengantar Komputasi Modern #2 : Cloud Computing
Tiket.com didirikan
oleh Wenas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, Natali Ardianto, Mikhael Gaery
Undarsa pada bulan Agustus 2011. Pada awalnya, Wenas Agusetiawan membeli domain
tiket.com dan mengajak beberapa kolega untuk membuat sebuah situs web untuk melayani
pemesanan tiket pesawat dan kereta api. Tiket.com merupakan salah satu rekan
bisnis Kereta Api Indonesia di Indonesia. Tiket.com juga bekerjasama dengan
berbagai maskapai di Indonesia untuk memudahkan orang untuk pemesanan tiket
pesawat melalui internet. Cloud computing yang digunakan adalah jenis Software
as a Service (SaaS) dimana kita tinggal memakai software (perangkat lunak) yang
telah disediakan.
Tiket.com menyediakan layanan untuk memesan tiket secara online
dimana layanan tersebut berupa :
- pemesanan tiket kereta api
- pemesanan tiket hotel
- pemesanan tiket pesawat
- penyewaan mobil
Sasaran dari situs tiket.com adalah masyarakat yang ingin
melakukan travel, perusahaan transportasi dan perhotelan yang ingin bekerja
sama. Tiket.com sudah diunduh lebih dari lima
juta unduhan. Atau melonjak 280% dari tahun lalu.
Alibaba.com
Alibaba.com merupakan perusahaan e-commerce yang
didirikan Jack Ma dan rekannya pada tahun 1999. Marketplace tersebut
adalah bisnis pertama Pria kelahiran 1964 itu. Alibaba telah menjadi salah
satu e-commerce raksasa di dunia. Jumlah pembeli di situs
Alibaba.com diklaim sudah menjangkau 190 negara. Penggunanya tidak hanya
individu, tapi juga pengecer, produsen, pedagang besar, Usaha Kecil Menengah
(UKM) yang bergerak di bisnis ekspor impor, maupun agen perdagangan. Cloud
computing yang digunakan adalah jenis Software as a Service (SaaS) dimana kita
tinggal memakai software (perangkat lunak) yang telah disediakan.
Alibaba.com menyediakan berbagai perlengkapan seperti alat
elektronik, perlengkapan rumah, pakaian, aksesoris HP dan masih banyak lagi.
Sasaran dari situs alibaba.com adalah agen perdagangan, pedagang
besar, pengecer, produsen, dan UKM yang terlibat dalam bisnis impor dan
ekspor. Pada 2015, Alibaba memiliki pangsa pasar 58 persen di China dan
saingan terdekatnya berada pada jauh di 22 persen. Salah satu kekuatan utama
China adalah dominasi pangsa pasar ini hadir karena dukungan produsen padat
yang mampu berproduksi di tingkat produksi masal dan memasok ke seluruh dunia.
Sumber :
https://www.tiket.com/help-center
https://www.progresstech.co.id/blog/jenis-cloud/
https://teknologi.bisnis.com/read/20190429/84/916792/alibaba-cloud-kuasai-pasar-asia-pasifik
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180910073834-185-329029/gurita-bisnis-grup-alibaba-dari-e-commerce-hingga-fintech
Komentar
Posting Komentar