MANUSIA SEBAGAI SUBYEK DAN OBYEK IPTEK


PENDAHULUAN

Latar Belakang

            Dimasa ini manusia sangat erat kaitanya dengan era globalisasi. Dalam era globalisasi ini kita sering mendengar tentang perkembangan IPTEK. IPTEK adalah suatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dengan teknologi. Pengaruh IPTEK sangat dirasakan manusia dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari hari baik dalam segi positif maupun negatif. Tetapi banyak juga yang terjerat kearah yang negatif karna salah dalam memahami pengaruh IPTEK yang ada sekarang ini dan terlebih kepada generasi muda . Pemahaman tentang IPTEK sangatlah penting bagi manusia agar tidak menimbulkan kerugian .

Tujuan

            Tujuan dibuatnya artikel ini untuk memberikan pemahaman tentang manusia sebagai subjek dan objek dalam IPTEK.



ISI

Pengertian ilmu pengetahuan dan Teknologi

            Ilmu pengetahuan adalah sebuah sarana atau definisi tentang alam semesta yang diterjemahkan kedalam bahasa yang bisa dimengerti oleh manusia sebagai usaha untuk mengetahui definisi arti ilmu yaitu sesuatu yang didapat dari kegiatan membaca dan memahami benda-benda maupun peristiiwa. Dengan ilmu maka hidup menjadi mudah, karena ilmu juga merupakan alat untuk menjalani kehidupan.

            Teknologi adalah sebuah pengetahuan yang ditujukan untuk menciptakan “teknologi” telah dikenal secara luas dan setiap orang memiliki cara mereka sendiri memahami pengertian teknologi. Teknologi digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupan kita sehari-hari, secara singkat; kita bisa menggambarkan teknologi sebagai produk, proses, atau organisasi. Selain itu, teknologi digunakan untuk memperluas kemampuan kita, dan yang membuat orang-orang sebagai bagian paling penting dari setiap sistem teknologi.

Manusia Sebagai Subjek dan Objek IPTEK

1)      Dalam bidang pertanian, peternakan, dan perikanan

            - Mampu menciptakan alat pertanian yang maju seperti traktor, alat pemotong      dan penanam, alat pengolah hasil pertanian, dan alat penyemprot hama.

            - Produksi pupuk buatan dapat membantu menyuburkan tanah, demikian juga   dengan produksi pestisida dapat memungkinkan pemberantasan hama lebih             berhasil.

            - Teknik-teknik pemuliaan dapat meningkatkan produksi pangan.

            - Teknik mutasi buatan dapat menghasilkan buah-buahan yang besar serta tidak           berbiji.           

            - Teknologi pengolahan pascapanen seperti pengalengan ikan, dll.

            - Budi daya hewan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan manusia.

2)      Dalam bidang kedokteran

Dengan hasilnya manusia menciptakan alat-alat operasi mutakhir, bermacam-macam obat, penggunaan benda radioaktif untuk pengobatan dan mendiagnosis berbagai penyakit, sehingga penyakit dapat dengan segera disembuhkan.

3)      Dalam bidang telekomunokasi

Manusia telah membuat televisi, radio, telepon yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan cepat dalam waktu yang singkat manusia dapat memperoleh informasi dari daerah yang sangat jauh, sehingga penggunaan waktu sangat efisien.

4)      Dalam bidang pertahanandan keamanan

Manusia telah mampu menciptakan alat atau persenjataan yang sangat canggih, sehingga dapat mempertahankan keamanan wilayahnya dengan baik.



PENUTUP

Kesimpulan 

            Kita yang hidup di era tekhnologi ini haruslah memahami dampak yang baik dan buruknya dari IPTEK ini agar kita tidak terjerat kearah yang salah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Media Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.

Lunturnya Budaya Gotong Royong Dalam Masyarakat

3 Aplikasi Animasi 3D Terbaik