Arsitektur Web dan Aplikasi Utama (Http, Html, dan Web Server)


Apa Itu Arsitektur Web

Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web. Website arsitektur akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0.

HTML

HTML kependekan dari Hyper Text Markup Language. Dokumen HTML adalah file murni yang dapat dibuat dengan editor teks sembarang. Dokumen ini dikenal sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam browser web surfer.dokumen ini umumnya berisi informasi atau interface aplikasi di dalam internet

HTTP

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.

Webserver

Web pada umumnya diimplementasikan dalam bentuk client server. Bentuk client server ini wajib hukumnya untuk website dinamis yang menggunakan kode server side, karena software parser untuk kode-kode server side ini diletakkan di server. Server untuk web ini sering disebut webserver. jadi webserver adalah tempat diletakkan file-file web. Kata webserver sendiri dapat mengacu 2 hal, yang sebenarnya sama, Cuma ruang lingkupnya berbeda:

1. Program komputer yang bertanggung jawab untuk menerima permintaan HTTP dari client dan kemudian merespornnya dengan respon HTTP dengan disertai konten lainnya.

2. Komputer yang menjalankan program server seperti arti nomor 1. Namun yang nomor 2 ini lebih luas dan mengacu kepada keseluruhan komputer dan bukan hanya program di dalamnya saja.

Sumber :

Yudha, Ayu.2012.Web Programming for Beginners.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sidik, Betha. 2009. Pemrograman WEB dengan HTML. Bandung: Pasar Buku Palasari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Media Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.

Lunturnya Budaya Gotong Royong Dalam Masyarakat

3 Aplikasi Animasi 3D Terbaik