Tugas Softskill 1


TEKNOLOGI GAME
Pengertian Teknologi Game
Teknologi game terdiri dari dua kata, yaitu Teknologi dan Game. Teknologi adalah keseluruhan fasilitas untuk menyediakan sesuatu yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara umum teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun bukan benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu tujuan.
Sedangkan Game adalah permainan yang menggunakan interaksi antarmuka  pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video.
Jadi dapat kita simpulkan bahwa Teknologi Game berarti proses baik berupa yang dilakukan sistem atau perangkat keras yang diberlakukan dalam upaya untuk mendukung kinerja dari game.

Sejarah Perkembangan Game
Computer gaming telah ada sejak sekitar 1960an. Karena perkembangan industri microprocessor, mainframe, dan minicomputers. Salah satu game komputer pertama dikembangkan pada tahun 1961. Ketika siswa MIT, Martin Graetz dan Alan Kotok, dengan memperkerjakan Steve Russell, menghasilkan "Spacewar!" pada komputer mainframe PDP-1.
Generasi pertama PC games biasanya berupa 'text-adventures' atau 'interactive fiction', yang mana pemain berkomunikasi dengan komputer melalui input pada memakai keyboard. Game text-adventure pertama adalah 'Adventure' yang dibangun untuk PDP-11 oleh Will Crowther tahun 1976 dan dikembangkan lagi oleh Don Woods di tahun 1977. Ketika memasuki 1980an, PC telah mendukung penuh untuk menjalankan game sejenis 'Adventure'.Di masa ini, grafik kemudian menjadin unsur penting dalam pembuatan game.
Pada tahun 1952, A.S. Douglas menulis untuk gelar PhD di University of Cambridge jurusan Human-Computer Interraction. Douglas menciptakan permainan komputer grafis yang diberi nama Tic-Tac-Toe. Permainan ini deprogram pada komputer EDSAC vacuum-tube yang memiliki tampilan tabung sinar katode.William Higinborham menciptakan video game pertama pada tahun 1958. Permainan ini diberi judul “Tennis for Two”, diciptakan dan dimainkan di osiloskop Brookhaven National Laboratory. 
Video games pertama kali diperkenalkan pada tahun 1971 sebagai medium hiburan bersifat komersial. Pada akhir tahun 1970an dan awal tahun 1980an, video games menjadi sebuah dasar yang penting bagi industri hiburan di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa.
Pada 1967, Ralph Baer menciptakan video game pertama yang dimaikan dengan televisi, diberi nama Chase. Ralph Baer akhirnya menjadi bagian dari Sanders Associates, sebuah perusahaan elektronik militer. Idenya Ralph ini dicetuskan untuk pertama kali pada 1951, saat sedang bekerja untuk perusahaan komputer Loral. Pada 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney, menciptakan permainan arcade yang pertama. Permainan ini diberi nama 'Computer Space', yang diciptakan berdasarkan pada permainan 'SpaceWar!'. Lalu, tahun 1972, Permainan arcade Pong diciptakan oleh Nolan Bushnell (dengan bantuan Al Alcorn). Nolan Bushnell dan Ted Dabney memulai dengan Atari Computer pada tahun yang sama. 
Pada tahun 1975, Atari kembali meluncurkan Pong sebagai home video game.Tahun 1972, hiburan pertama video game komersial dapat dimainkan di rumah. 'Odyssey', diluncurkan oleh Magnavox dan didesain oleh Ralph Baer. Permainan mesin ini aslinya didesain pada saat Ralph Baer masih berada di Sanders Associates pada tahun 1966, Baer mengurus untuk mendapatkan ijin legalnya setelah ditolak oleh Sanders Associates. Permainan Odyssey deprogram dengan dua belas permainan.Pada tahun 1976, Fairchild meluncurkan programmable home game yang pertama dan diberi nama Fairchild Video Entertainment System atau Channel F. Channel F merupakan salah satu dari electronic system yang pertama menggunakanmicrochip yang diciptakan oelh Robert Noyce untuk Fairchild Semiconductor Corporation.


UNITY 3D
Pengertian Unity 3D
Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.
Unity ini adalah sebuah aplikasi berbasis MultiPlatform, Apa itu MultiPlatform? MultiPlatform merupakan aplikasi yang dapat beroperasi di banyak sistem operasi dan sanggup Mempublish ke banyak format tipe file, misalnya : exe, apk,dan lain-lain.
Sejarah Singkat Unity 3D
-          Unity Technologies pertama kali di bangun pada tahun 2004 oleh David Helgason(CEO),Nicholas Francis(CCO), dan Joachim Ante(CTO) di negara Denmark daerah Copenhagen dengan tujuan membuat software game development dengan harga terjangkau, dan mendapatkan bantuan dana dari Sequoia Capital, WestSummit Capital, dan iGlobe Partners.

-          Pada tahun 2008 unity menjadi game engine pertama iphone yang melakukan dukungan penuh terhadap platform tersebut karena melihat kebangkitan iphone pada saat itu.

-          Pada tahun 2009 unity mulai meluncurkan produk mereka secara gratis .

-          dan pada tahun 2012 lebih dari 1 juta developer menggunakan game engine ini karena tingkat popularitas game development ini yang tinggi dan menjadikan game engine termurah yang digunakan oleh banyak developer di seluruh dunia.
Hal yang Membuat Unity Menarik
1. Workflow atau alur kerja yang mudah yang ditawarkan didalam unity. Alur kerja tersebut membuat anda lebih fokus dalam mengerjakannya, tentunya alur kerja yang dimiliki unity akan membuat kinerja anda menjadi cepat.
2. Quality yang tak kalah dari game engine lainnya. Banyak kualitas menarik yang ditawarkan oleh engine yang satu ini diantaranya material, rendering, lighting, dll.
3. multiplatform. Kita dapat membuat berbagai macam game dengan berbagai macam platform juga. Anda dapat membuat sebuah game yang bisa multiplatform, dengan demikian orang yang akan bermain game buatan anda tidak cepat jenuh jika harus bermain di satu platform saja setiap saat.
4. Mekanisme. Mekanisme unity meliputi animasi untuk AI dan juga karakter buatan anda. Unity dapat membuat berbagai macam animasi sesuai yang anda inginkan


DESAIN SKENARIO DAN SCRIPT
Apa itu Desain
Desain atau Design merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Desain merupakan sebuah konsep tentang sesuatu. Seorang perancang atau orang yang mendesain sesuatu disebut desainer, namun desainer lebih lekat kaitannya dengan profesional yang bekerja dilingkup desain yang bekerja untuk merancang sesuatu yang menggabungkan atau bereksplorasi dalam hal estetika dan teknologi. Penggunaan istilah design atau desain bermula dari gambar teknik arsitektur (gambar potong untuk bangunan) serta di awal perkembangan, istilah desain awalnya masih berbaur dengan seni dan kriya.
Apa Itu Skenario
Skenario adalah suatu cerita atau narasi yang mudah dimengerti untuk membuat aplikasi menjadi lebih hidup. Cerita yang mudah diakses membantu target dari cerita untuk memahami alasan mengapa permasalahan yang hendak diselesaikan oleh sistem yang akan dibangun tersebut penting, mengapa sistem perlu dibangun segera, lalu potensi keuntungan apa yang mungkin didapatkan oleh target. Misalnya skenario perihal mesin ATM. Bagi pemilik sistem, skenario harus bisa menunjukkan bahwa sistem nantinya dibutuhkan oleh banyak pelanggan. Bagi nasabah bank, skenario harus bisa menunjukkan bahwa sistem ATM ini menghindarkan nasabah dari kesulitan yang selama ini kerap dihadapi ketika bertransaksi perbankan.
Apa Itu Script
Pengertian "script" secara umum adalah identik dengan bahasa pemrograman. "Script" dapat diartikan sebagai bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat di akses. Sebuah script pemrograman adalah kode yang dapat meningkatkan fungsionalitas dari sebuah situs web. Semakin banyak script yang digunakan maka akan terlihat semakin menarik, dan interaktif serta terlihat lebih bagus.


ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA GAME
Pengertian Artificial Intelligence
Artificial Intelligence atau AI adalah kemampuan dari sebuah komputer untuk berfikir seperti manusia bahkan lebih baik dibandingkan manusia . Dalam bahasa Indonesia Artificial Inteligence atau AI artinya Kecerdasan Buatan , biasanya sebuah sistem AI memiliki kemampuan untuk memperoleh informasi baru yang akan dikumpulkan agar sistem AI menjadi lebih cerdas lagi .
Artificial Intelligence biasanya berbentuk mesin atau software , tujuan dari AI ini adalah untuk menggantikan peran manusia agar sebuah pekerjaan atau pemecahan suatu masalah dapat lebih mudah dan efisien .
1. Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games),logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. 
Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.
Dalam Video Game, kecerdasan buatan digunakan untuk membuat perilaku cerdas yang biasanya terletak pada non-player characters ( NPCs), dan seringnya mensimulasikan seperti kecerdasan manusia. 
Teknik yang digunakan biasanya menggambarkan metode keseluruhan dari kecerdasan buatan. Bagaimanapun, penggunaan kecerdasan buatan pada game biasanya merujuk pada sekumpulan algoritma yang didalamnya termasuk teknik dari teori kontrol,robotik, grafis komputer,dan pengetahuan komputer secara umum.
Karena kecerdasan buatan pada game untuk NPCs dipusatkan pada penunjukkan kecerdasan dan menampilkan game dengan baik dan terdapat batasan lingkungan, pendekatannya sangat berbeda dengan kecerdasan buatan tradisional; cara curang dan usaha ekstra dapat diterima dan, pada beberapa kasus, kemampuan komputer harus diturunkan untuk membuat manusia merasa adil. Contohnya adalah pada game first-person shooter, dimana kemampuan NPC yang telah didesain mampu melebihi kemampuan manusia.
Pengertian Game
Game merupakan istilah yang berarti permainan, di dalam dunia teknologi informasi istilah ini digunakan untuk sarana hiburan yang menggunakan perangkat elektronik. "Game adalah suatu system atau program dimana satu atau lebih pemain mengambil keputusan melalui kendali pada obyek di dalam game untuk tujuan tertentu" (Jasson ; 2009).
Apa Saja AI Dalam Game
1. Finite-State Machine
Finite-state machine (FSM) adalah algoritma prosedur yang akan menjalankan perintah sesuai dengan langkah-langkah yang telah disertakan sampai akhirnya mencapai titik akhir (tujuan).
Finite-state machine memiliki tiga komponen, yaitu state (pernyataan untuk aksi atau tingkah laku), transition (kondisi yang memengaruhi keadaan), dan initial state (posisi awal berjalannya state).
Terkadang, state memiliki dua transisi (bolak-balik) untuk menuju ke state lainnya. Tergantung dengan aturan yang telah ditentukan. Artinya, state tersebut dapat terjadi secara berulang-ulang.
2. Behavior Tree
Behavior tree adalah kumpulan beberapa perintah (task) sederhana yang tersusun dalam bentuk tree di mana task tersebut dapat digunakan kembali. Behavior tree memiliki tiga komponen, yaitu condition (perintah yang menguji sebuah kondisi), action (perintah untuk memberikan aksi), dan composite (posisi perintah di atas condition dan action).
Terdapat dua jenis composite, yaitu selector (yang akan kembali ke composite ketika salah satu kondisi children di bawahnya sukses. Jika ada yang gagal maka akan dicoba terus. Jika tidak ada children yang tersisa maka akan kembali ke keadaan failure) dan sequence (yang akan kembali ke composite ketika salah satu kondisi children di bawahnya gagal.
Jika ada yang sukses maka akan dicoba terus. Jika tidak ada children yang tersisa maka akan kembali ke keadaan success).


Referensi :

Pranata, Baskara Arya, Andre Kurniawan Pamoedji, & Ridwan Sanjaya. 2015. Mudah Membuat Game dan Potensi Finansialnya dengan Unity 3D. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Klikmania. 2017. Sejarah dan Perkembangan Teknologi Game. https://www.klikmania.net/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-game/. diakses pada 16 Maret 2019
Scribd. 2016. PengertianTeknologi Game. https://www.scribd.com/document/253844681/Pengertian-Teknologi-Game. diakses pada 16 Maret 2019
Eventkampus. 2018. Apa Itu Unity 3D. https://eventkampus.com/blog/detail/1474/apa-itu-unity-3d. diakses pada 16 Maret 2019
Fauzan. 2017. Contoh Skenario Dalam Rekayasa. http://www.charisfauzan.net/2017/03/contoh-skenario-dalam-rekayasa.html. diakses pada 16 Maret 2019
Mewdavinci. 2014. Pengertian Script. https://www.mewdavinci.com/2014/03/pengertian-script.html. diakses pada 16 Maret 2019
Ngelag. 2017. Apa itu Artificial Intelligence. https://ngelag.com/apa-itu-artificial-intelligence-atau-ai/ diakses pada 16 Maret 2019
Duniaku. 2018. Konsep Kecerdasan Buatan Game. https://www.duniaku.net/2018/03/27/konsep-kecerdasan-buatan-game-telltale/2/. diakses pada 16 Maret 2019




Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Media Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.

Lunturnya Budaya Gotong Royong Dalam Masyarakat

3 Aplikasi Animasi 3D Terbaik