Tugas Softskill 2

Arsitektur Game Engine

Arsitek adalah pelajaran untuk membuat rancangan dari bangunan. Sedangkan arsitektur mesin game adalah system perangkat lunak yang  dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Dapat dikatakan  bahwa arsitektur mesin game itu adalah rancangan dari sistem perangkat  lunak dari game itu sendiri. contohnya kaya GameEnginev12Game Engine adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Engine bukanlah executable program, artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri. Diperlukan sebuah program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program. Pada C++, entry point-nya adalah fungsi ‘main().’ Biasanya program utama ini relatif pendek. Game engine adalah program yang ‘memotori’ jalannya suatu program game. Kalau game diilustrasikan sebagai ‘musik’ yang keluar dari mp3 player, maka engine adalah ‘mp3 player’ dan program utama adalah ‘data mp3’ yang dimasukkan ke dalam mp3 player tersebut. Dengan adanya engine, waktu, tenaga dan biaya yang dibutuhkan untuk membuat game software menjadi berkurang secara signifikan.
Beberapa game dengan jenis dan gameplay yang hampir sama bisa dibuat dengan sedikit usaha bila terlebih dulu dibuat engine-nya. Setelah engine diselesaikan, programmer hanya perlu menambahkan program utama, memakai resources (objek 3D, musik, efek suara) yang baru, dan, jika benar-benar dibutuhkan, sedikit memodifikasi engine sesuai kebutuhan spesifk dari game yang bersangkutan. Program game engine seluruhnya berorientasi objek. Dia lebih bersifat reaktif daripada prosedural. Sulit untuk menggambarkan engine secara keseluruhan dalam flow-chart, karena alur program bisa diatur sesuai dengan keinginan pemakai engine, yaitu game programmer.

Macam – macam Game Engine :

Unreal Engine 4
Company: Epic Games
Platforms: Android, HTML5, iOS, Linux, Mac, Oculus, PC, PS4, SteamOS, Xbox One
www.unrealengine.com


Unity
Company: Unity Technologies
Platforms: Android, BlackBerry, iOS, Linux, Mac, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, Windows 8 (coming soon)

CryEngine
Company: Crytek
Platforms: Android, iOS, PC, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, Wii U

Havok Vision Engine
Company: Havok
Platforms: Android, iOS, PS3, Vita, Wii, Wii U, Windows 8, Xbox 360

Project Anarchy
Company: Havok
Platforms: Android, iOS, PC, Tizen

Interaksi Fisik Dalam Teknologi Game

Interaksi fisik ialah salah satu bentuk interaksi yang terjadi jika ada dua orang atau lebih melakukan kontak dengan menggunakan bahasa-bahasa tubuh. Contoh interaksi ini : posisi tubuh, ekspresi wajah, gerak-gerik tubuh dan kontak mata.
Dalam lingkungan game, interaksi fisik dapat dimaksud dengan menyerap pengertian diatas, yaitu menjadi interaksi fisik ialah salah satu bentuk interaksi yang terjadi jika ada dua objek atau lebih melakukan kontak. Kontak yang terjadi antara objek – objek tersebut umumnya adalah collision atau tabrakan.

Pengertian Collision Detection
Setiap program game yang akan kita buat sangat membutuhkan suatu algoritma yang dinamakan Collision Detection atau Deteksi Tubrukan. Collision Detection adalah proses pengecekan apakah beberapa objek spesial saling bertumpuk atau tidak. Jika ternyata ada dua buah objek saling bertumpuk, maka kedua objek tersebut dapat dikatakan saling bertumpukkan.  Metode ini juga sering digunakan dalam membuat game antara objek dengan objek dengan sebuah frame atau pembatas.

Penerapan Collision Detection
Semua game yang ada saat ini pasti memakai konsep Collision Detection. Konsep ini pastinya akan membuat game menjadi lebih realistik dan memiliki tujuan yang jelas. Contoh penerapan algoritma Collision Detection adalah pada game Snake. Pada game tersebut, kepala ular yang kita perintah lewat keyboard akan mengalami tabrakan dengan objek tujuan yang berupa makanan atau pembatas arena didalam game tersebut.

Efek Fisik dalam Game
Permainan dalam pada game dapat melibatkan aktivitas fisik seperti game tinju, tennis, sepakbola yang mengharuskan kita untuk menggerakkan tangan dan anggota tubuh kita sesuai tema video game yang dimainkan. Untuk mendapatkan seperangkat konsol tersebut tidaklah perlu mengeluarkan kocek yang begitu dalam. Ketiganya memiliki harga yang berlainan yang dapat disesuaikan dengan keuangan kita .

Efek fisik dalam game ada 2, yaitu positif dan negatif :

Efek positif dalam game:
-          Meningkatkan konsentrasi. Kemampuan konsentrasi pemain game online akan meningkat karena mereka harus menyelesaikan beberapa tugas.
-          Meningkatkan koordinasi tangan dan mata
-          Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris
-          Meningkatkan pengetahuan tentang komputer
-          Meningkatkan kemampuan mengetik.

Efek negatif dalam game:
-          Mengakibatkan kecanduan
-          Mengakibatkan seseorang menjadi membatasi hubungan sosialnya
-           Mengganggu kesehatan tubuh bagi setiap orang yang kecanduan game.

User Interface pada Game Komputer

Pengertian User Interface
User interface adalah bagian visual dari website, aplikasi software atau device hardware yang memastikan bagaimana seorang user berinteraksi dengan aplikasi atau website tersebut serta bagaimana informasi ditampilan di layarnya. User interface sendiri menggabungkan konsep desain visual, desain interasi, dan infrastruktur informasi. Tujuan dari user interface adalah untuk meningkatkan usability dan tentunya user experience.

Fungsi User Interface
Secara umum, user interface menyediakan metode untuk input dan output. Dengan user interface, user bisa dengan mudah melakukan input dan output data dan merekayasa atau memanipulasi data sesuai keperluan.
Pada program software hampir semua komponennya menggunakan kinerja GPU (Graphic Processor Unit) dimana user bisa menginputkan perintah dan memanipulasi data dengan memanfaatkan tampilan grafis tertentu seperti jendela, tombol/button dan textbox.
Sedangkan user interface pada sebagian besar perangkat keras, biasanya lebih sederhana, dan didominasi oleh simbol-simbol seperti pada remote televisi, mesin fotokopi dan telepon seluler.
Pada aplikasi smartphone, pengguna banyak berinteraksi dengan program-program di dalamnya dengan memasukkan perintah dalam bentuk teks maupun grafis. User interface pada smartphone cenderung dituntut lebih sederhana dan mudah mengerti dibanding user interface pada perangkat yang lebih besar seperti komputer.

Jenis User Interface
Pada dasarnya user interface terbagi menjadi dua jenis yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GPU). Command Line Interface (CLI) merupakan proses pengguna memasukkan perintah berbasis tulisan atau dengan mengetikkan perintah untuk menjalankan tugas tertentu.
Sedangkan Graphical User Interface (GPU) merupakan proses pengguna memasukkan perintah dengan menggunakan menu grafis, secara umum GPU dikembangkan untuk mempermudah penggunanya untuk berinteraksi dengan sistem informasi. Tanpa disadari para pengguna aktif komputer dan perangkat elektronik lainnya telah banyak menggunakan fitur Graphical User Interface (GPU) seperti pada pemutar MP3, MP4 dan peranti game


Sumber :

Haiqal. 2018. Interaksi Fisik Dalam Teknologi Game. http://haiqal26.blogspot.com/2018/03/interaksi-fisik-dalam-teknologi-game.html. Diakses pada 10 April 2019.

Ranggahamdan. 2017. Interaksi Fisik Dalam Teknologi Game. https://www.ranggahamdan.com/2017/04/19/interaksi-fisik-dalam-teknologi-game/.
Diakses pada 10 April 2019.

Gookkis. 2016. Macam Macam Game Engine Multiplatform. https://www.gookkis.com/macam-macam-game-engine-multiplatform/. Diakses pada 10 April 2019.

Octosa. 2017. Apa Itu User Interface. https://idseducation.com/articles/apa-itu-user-interface/. Diakses pada 10 April 2019.

Pro. 2017. Pengertian dan Fungsi User Interface Antar Muka Pengguna pada Komputer. https://www.pro.co.id/pengertian-dan-fungsi-user-interface-antar-muka-pengguna-pada-komputer/. Diakses pada 10 April 2019.




Komentar

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Media Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.

Lunturnya Budaya Gotong Royong Dalam Masyarakat

3 Aplikasi Animasi 3D Terbaik