Tugas Softskill 3

Game Berbasis Jaringan

- Pengertian Game Berbasis Jaringan
Pengertian game berbasis jaringan / game online secara umum adalah sebuah jenis video permainan yang hanya dapat dijalankan apabila suatu perangkat yang digunakan untuk bermain game terhubung dengan jaringan internet. Artinya game online baru bisa dimainkan jika terhubung internet.
Pengertian Game Online Menurut Para Ahli
Para ahli juga mengemukakan pendapat mengenai apa itu game online. Beberapa ahli ini menjelaskan pengertian game online dilihat dari sisi teknis maupun non-teknis. Berikut merupakan penjelasan beberapa ahli mengenai pengertian dan definisi game online selengkapnya.
Menurut Bobby Bodenheimer (1999)
Pengertian game online menurut Bobby Bodenheimer adalah program permainan yang tersambung melalui jaringan yang dapat dimainkan kapan saja, dimana saja dan dapat dimainkan bersamaan secara kelompok di seluruh dunia dan permainan itu sendiri menampilkan gambar-gambar menarik seperti yang diinginkan, yang didukung oleh komputer.
Menurut Andrew Rollings & Ernest Adams (2006)
Arti game online menurut Rollings dan Adams lebih tepat disebut sebagai sebuah teknologi dibandingkan sebagai sebuah genre atau jenis permainan, sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama dibandingkan pola tertentu dalam sebuah permainan.

- Contoh Game Berbasis Jaringan
1. Counter Strike Online
Siapa yang belum pernah mendengar Counter Strike? Semua pasti pernah. Bagaimana dengan Counter Strike Online (CSO)? Mungkin tidak semua orang pernah mendengarnya. Seperti yang bisa kamu tebak sendiri, Counter Strike Online adalah sebuah game FPS yang menceritakan pertempuran antara Terrorist dengan pasukan elit anti teror (counter terrorist). Counter Strike bisa dibilang adalah kakek buyut dari FPS di Indonesia, dan CSO adalah penerusnya.
Counter Strike Online memiliki original mode dimana kamu bisa bermain seperti Counter Strike terdahulu. Sisanya adalah gameplay yang cukup unik seperti Deathmatch yang memberikanmu berbagai senjata sesuai dengan jumlah poin yang telah kamu dapat. Senjata yang ditawarkan juga sangat variatif dan diantaranya konyol, seperti SMG Thompson yang digunakan mafia zaman dulu.
2. Audition AyoDance
Tentunya kamu yang pernah memainkan atau setidaknya melihat Audition AyoDance, yang mengharuskan kamu untuk menekan tombol panah dalam waktu cepat dan menekan tombol spasi di saat yang tepat untuk mendapatkan skor setinggi-tingginya. Berkat Audition AyoDance, Indonesia tidak lagi hanya memiliki game online berupa RPG dan FPS saja, namun juga berbagai game casual.
Semenjak kemunculan Audition mulai muncul beberapa game serupa di Indonesia. Banyak diantaranya yang saat ini sudah tutup dan mungkin satu-satunya yang masih bertahan hingga saat ini adalah Idol Street. Tetapi tetap saja, Audition masih menjadi game dance casual teramai hingga sekarang dan terus diminati oleh kalangan gamer tertentu.


Artificial Inteligent
Menurut Stuart J. Russel dan Peter Norvig, AI atau kecerdasan buatan bisa dipahami sebagai sebuah perangkat komputer yang mampu memahami lingkungan di sekitarnya, sekaligus memberikan respons yang sesuai dengan tujuan tindakannya tersebut. Dalam hal ini, Minsky memberikan pengertian yang hampir sama. Menurutnya, kecerdasan buatan adalah satu ilmu yang mempelajari cara membuat komputer melakukan atau memproduksi tindakan sama seperti yang dilakukan manusia.
Melihat dua pengertian di atas, bisa disimpulkan jika Artificial Intelligence adalah satu ilmu untuk merancang, membangun, dan mengonstruksi satu mesin (komputer) atau program komputer hingga memiliki kecerdasan layaknya manusia. Kecerdasan dalam hal ini adalah kemampuan untuk mengambil tindakan, atau menyelesaikan masalah layaknya manusia menggunakan kecerdasannya.
Lingkup penelitian Artificial Intelligence meliputi banyak aspek kemampuan kecerdasan manusia seperti penalaran, pengetahuan, perencanaan, pembelajaran, pemrosesan bahasa alami, hingga kemampuan untuk memanipulasi objek. Akhirnya, Artificial Intelligence diharapkan bisa menjadi sebuah mesin yang benar-benar memiliki kecerdasan umum layaknya manusia.

Contoh Game Menggunakan AI
1. DOTA 2
Dota 2 adalah sebuah permainan multiplayer online battle arena, merupakan sekuel dari Defense of the Ancients mod pada Warcraft 3 : Reign of Chaos dan Warcraft 3 : The Frozen Throne. DotA 2 dikembangkan oleh Valve Corporation, terbit Juli 2013 dota 2 dapat dimainkan secara gratis pada operation system Microsoft Windows, OS X and Linux. Dota 2 dapat dimainkan secara eksklusif melalui distributor resmi valve, Steam.
Dota 2 dimainkan oleh 2 team yang beranggota 5 orang pemain, setiap tim memiliki markas yang berada dipojok peta, setiap markas memiliki satu bangunan bernama "Ancient", Di mana tim harus berusaha menghancurkan "Ancient" tim lainnya agar dapat memenangkan pertandingan. Setiap pemain mengontrol satu karakter "Hero" yang berfokus pada menaikan level, mengumpulkan gold, membeli item dan melawan tim lawan untuk menang.
Pengembangan Dota 2 dimulai sejak tahun 2009. Ketika pengembang mod DotA, Icefrog, dipekerjakan oleh Valve sebagai lead designer. Dota 2 dipuji oleh kritikus karena gameplay-nya, kualitas pembuatan dan kesetiaan pada gameplay pendahulu (DotA mod Warcraft 3). tetapi Dota 2 juga menuai kritik sebagai game yang susah dipelajari dan para pemain yang tidak ramah. Dota 2 menjadi game yang memiliki aktivitas pemain paling banyak di Steam, dengan pucak 800,000 pemain online bersamaan setiap hari.
2. Doraemon Othello
Doraemon merupakan pengembangan dari permainan Reversy yang ada pada Strawbery Prolog. Dalam permainan sebenarnya, Othello terdiri dari kotak-kotak kecil berukuran 8×8 yang sama dengan game yang saya kembangkan ini. Beberapa perbedaan dengan yang sebenarnya adalah saya memberikan gambar latar, waktu permainan, beberapa menu yang bisa dipilih, efek suara ketika menang, kalah atau seri.
Permainan ini dapat melatih daya strategi seseorang dalam memperebutkan daerah dengan computer (AI) sebagai lawannya. Initial state yang dibangun terlebih dahulu adalah pembuatan papan (daerah permainan). Doraemon Othello terdiri dari papan dengan 64 kotak dengan ukuran 8×8, yaitu 8 baris dan 8 kolom. Papan tersebut memiliki background warna biru dengan gambar latar Doraemon.


Sumber :
Anita . 2018. Pengertian game Online Menurut Para Ahli.  https://www.artikelbaca.com/pengertian-game-online-menurut-para-ahli/. Diakses pada 7 Mei 2019.
Wijaya, Hendy. 2014. 10 Game Online Indonesia terbaik Pilihan Games Asia. https://id.techinasia.com/10-game-online-indonesia-terbaik-pilihan-games-asia. Diakses pada 7 Mei 2019.
Rifzan. 2018. Pengertian Artificial Intelligence dan Contohnya Dalam Kehidupan. https://www.robicomp.com/pengertian-artificial-intelligence-dan-contohnya-dalam-kehidupan.html. Diakses pada 7 Mei 2019.
Julius, Michael. 2017. Kecerdasan Buatan AI dalam Game Dota 2. http://michaeljulius11.blogspot.com/2017/09/kecerdasan-buatan-ai-dalam-game-dota-2.html. Diakses pada 7 Mei 2019.
Sudrajat, Aziz. 2016. Analisis 5 Game Secara Teknik dan Algoritmanya. https://azizsudrajat95.wordpress.com/2016/05/09/analisis-5-game-secara-teknik-dan-algortima-nya/. Diakses pada 7 Mei 2019.



Komentar

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Media Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.

Lunturnya Budaya Gotong Royong Dalam Masyarakat

3 Aplikasi Animasi 3D Terbaik