Tugas SoftSkill Pengantar Komputasi Modern : Komputasi Modern


Komputasi Modern

Komputasi modern bisa disebut sebuah konsep sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori, memori disini bisa juga dari memori komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi dengan menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1905 - 1957).

Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:


1. Akurasi

2. Kecepatan

3. Problem Volume Besar

4. Modeling

5. Kompleksitas


Mobile Computing

Mobile Computing biasa disebut dengan istilah komputasi bergerak. Secara awam artinya adalah membuat dan mengambil fasilitas komputer yang diperlukan dan perangkat lunak dan menjadikan nya secara utuh menyatu dan dipakai di luar ruangan. Mobile Computing merupakan paradigma dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi walaupun user melakukan perpindahan. Merupakan kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel).


Grid Computing

Grid Computing adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer yang terdistribusi dan terpisah secara geografis untuk memecahkan persoalan komputasi dalam skala besar. Melalui Grid Computing kita dapat menyatukan dan mengkoneksikan sejumlah komponen perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (sofatware) yang modular dan independen. Selain itu, grid computing sebetulnya merupakan sebuah aplikasi pengembangan dari jaringan komputer yang lebih terfocus pada komunikasi antar piranti (device), aplikasi grid computing itu dirancang untuk memanfaatkan sumber daya pada terminal di dalam jaringan.


Cloud Computing

Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain." JadiCloud Computing (dalam bahasa Indonesia disebut komputasi awan) adalah proses pengolahan daya komputasi (baik CPU, RAM, Network Speeds, Software, OS maupun Storage) melalui jaringan (biasanya lewat internet). Jadi transfer data yang terjadi bukan secara fisik dan sumber daya komputasi yang dimiliki berada di lokasi pengguna yang memakai layanannya.



Website dengan Komputasi Modern


Quipper School

Contoh penerapan komputasi modern pada bidang pendidikan yaitu Quipper school. Quipper School merupakan layanan e-learning gratis yang diciptakan demi mempermudah tugas para guru, khususnya dalam hal penugasan kepada siswa. Adapun penugasan tersebut dapat berupa tugas sekolah maupun pekerjaan rumah (PR). “Quipper School” memiliki ribuan topik (terdiri atas materi pelajaran dan soal) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA (Biologi, Fisika, Kimia), dan IPS (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi-Akuntansi), untuk kelas X, XI, dan XII. Kurikulum dalam “Quipper School” sudah sesuai dengan kurikulum di Indonesia dan semua materi sudah dalam bahasa Indonesia. Melalui “Quipper School”, bapak/ibu guru juga dapat memantau kegiatan belajar para siswa, karena layanan ini memberikan analisa data mengenai perkembangan /pencapaian siswa.


Pada halaman utama terdapat pilihan terhadap pengguna untuk memilih portal guru atau portal siswa



Selanjutnya user diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu sebelum masuk atau login apabila sudah terdaftar.




Bila telah login maka akan muncul halaman seperti dibawah. Dimana terdapat tampilan tugas yang harus dikerjakan. Terdapat navigation bar yang berisi home, course list, to-do, message, my course dan account.





Pilih pada navigation bar misalkan course list. Halaman course list dimana user dapat menambahkan kursus pelajaran yang ingin diikuti







Codecademy


Codecademy merupakan salah satu situs yang paling banyak dibuka dan dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin belajar coding dengan cuma-cuma. Sudah lebih dari 24 juta orang yang mendaftar di platform situs belajar coding ini.

Codecademy menawarkan berbagai kursus, mulai dari pengenalan programming sampai ke bahasa pemrograman tingkat lanjut. Pada website belajar coding ini, Anda bisa akan memperoleh pendekatan dan metode pembelajaran yang interaktif sehingga Anda bisa langsung mengaplikasikan yang telah dipelajari. Tersedia konten coding dengan waktu belajar lebih dari 300 juta jam yang cocok baik untuk pemula maupun working programmer.

Berikut beberapa bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari di Code Academy:

-          HTML

-          JavaScript

-          CSS

-          jQuery

-          PHP

-          Python

-          Ruby



Pada halaman utama website codecademy ditampilkan form login terlebihdahulu sebelum bisa mengakses ke halaman berikutnya








Halaman ini merupakan halaman setelah login atau telah memiliki akun. Halaman ini berisi pembelajaran yang ingin diikuti misalkan HTML.








Pada pembelajaran HTML, diberikan beberapa kasus yang harus diselesaikan.








Setelah menyelesaikannnya user bisa melanjutkan ke step berikutnya dengan kasus yang berbeda





Referensi :


https://aleselales.wixsite.com/alessandro/single-post/2017/06/01/Komputasi-Modern-1

http://widuri.raharja.info/index.php?title=Mobile_Computing

https://www.anakblogger.com/2018/02/t1-basis-data-5-apa-itu-grid-computing.html

https://www.dewaweb.com/blog/cloud-computing/

https://wirahadie.com/cara-menggunakan-quipper-school/amp/


https://www.hostinger.co.id/tutorial/belajar-coding-online-gratis/#4-Free-Code-Camp

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Media Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.

Lunturnya Budaya Gotong Royong Dalam Masyarakat

3 Aplikasi Animasi 3D Terbaik