5 Jurusan yang Paling Dicari Saat Ini

1. Teknik Pertambangan
Sarjana teknik pertambangan biasanya menjadi orang lapangan. Tugasnya mengeksplorasi bahan-bahan tambang yang ada di perut bumi, mulai dari berlian hingga minyak bumi. Mulai dari mendeteksi keberadaannya, hingga bertanggung jawab atas eksekusi penggalian.

Prospek kerja lulusan jurusan teknik pertambangan: Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara, PT Freeport, PT Antam, PT Timah Tbk.

2. Teknik Material dan Metalurgi
Jurusan teknik material dan metalurgi berkaitan erat dengan pertambangan, namun lebih spesifik mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam. Jurusan satu ini tergolong langka.

Prospek kerja: Schlumberger, Geothermal PLN atau Pertamina, Badak LNG.

3. Teknik Perkapalan
Teknik Perkapalan merupakan jurusan arsitektur kapal. Di jurusan ini mahasiswa menimba ilmu perencanaan pembangunan sebuah kapal, mulai dari bentuk badan kapal dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal yang sudah jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal sarana transportasi.
Prospek kerja lukusan teknik perkapalan: Industri maritim atau gas & minyak, Badan klasifikasi Nasional (BUMN) seperti BKI, Sucofindo atau Surveyor Indonesia.

4. Teknik Nuklir
Di dunia kerja, teknik nuklir diaplikasikan untuk rancang, kembang, dan perawatan sistem fisi nuklir. Bisa di dunia kedokteran atau radioaktivitas lingkungan.

Prospek kerja: BATAN, Radiologi di RS, nuclear power plant
5. Teknik Informatika
Informatika adalah ilmu yang mempelajar perangkat, baik sistem maupun alat, yang dapat menyebarkan informasi. Mahasiswa mempelajari bahasa pemograman untuk menciptakan suatu sistem atau aplikasi canggih, ini bisa jadi pilihan tepat.


Prospek kerja: Menjadi programmer hingga intelligent di hampir di semua industri, terutama industri telekomunikasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Media Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.

Lunturnya Budaya Gotong Royong Dalam Masyarakat

3 Aplikasi Animasi 3D Terbaik