Perulangan pada Bahasa C

Pada bahasa C dikenal tiga buah perulangan proses yaitu WHILE, DO WHILE dan FOR. Kemudian untuk keluar dari perulangan proses digunakan beberapa pernyataan program seperti BREAK, GOTO dan CONTINUE. Berikut ini pembahasan mengenai masing-masing perulangan proses dalam bahasa C tersebut.

1. Perulangan DO...WHILE
Pada perulangan menggunakan DO WHILE, statemen program akan dijalankan secara berulang selama kondisi syarat pada WHILE masih terpenuhi atau bernilai benar. Perulangan akan berhenti jika kondisi syarat pada WHILE bernilai salah. Pada perulangan DO WHILE, statemen program akan dijalankan setidaknya sekali sebelum mengecek kondisi syarat pada WHILE.

BU : do {
        kode yang akan dijalankan jika kondisi bernilai benar;
        } while (kondisi);

2. Perulangan WHILE
Pada perulangan menggunakan WHILE, statemen program juga akan dijalankan secara berulang selama kondisi syarat pada WHILE masih bernilai benar. Perulangan akan berhenti jika syarat pada WHILE bernilai salah.

BU : while (kondisi) {
        kode yang akan dijalankan jika kondisi bernilai benar;
        };

3. Perulangan FOR

Perulangan FOR memiliki konsep perulangan yang khusus jika dibanding dengan WHILE dan DO WHILE. Pada perulangan FOR, inisialisasi variabel, syarat dan operasi bilangan ditulis dalam satu kelompok dan terpisah dari statemen program yang akan dijalankan.
Statemen program akan dijalankan berulang selama kondisi syarat masih terpenuhi atau bernilai benar. Perulangan FOR dilakukan untuk meringkas penulisan perulangan menggunakan WHILE bilamana telah diketahui atau ditentukan jumlah perulangannnya.

BU : for (nilai awal; tes kondisi nilai; operasi perubahan nilai)
        {
        kode yang akan dijalankan jika kondisi bernilai benar;

        }

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Media Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.

Lunturnya Budaya Gotong Royong Dalam Masyarakat

3 Aplikasi Animasi 3D Terbaik