Tugas Pengantar Komputasi Modern #2 : Cloud Computing



Tiket.com



Tiket.com didirikan oleh Wenas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, Natali Ardianto, Mikhael Gaery Undarsa pada bulan Agustus 2011. Pada awalnya, Wenas Agusetiawan membeli domain tiket.com dan mengajak beberapa kolega untuk membuat sebuah situs web untuk melayani pemesanan tiket pesawat dan kereta api. Tiket.com merupakan salah satu rekan bisnis Kereta Api Indonesia di Indonesia. Tiket.com juga bekerjasama dengan berbagai maskapai di Indonesia untuk memudahkan orang untuk pemesanan tiket pesawat melalui internet. Cloud computing yang digunakan adalah jenis Software as a Service (SaaS) dimana kita tinggal memakai software (perangkat lunak) yang telah disediakan. 

Tiket.com menyediakan layanan untuk memesan tiket secara online dimana layanan tersebut berupa :

- pemesanan tiket kereta api

- pemesanan tiket hotel

- pemesanan tiket pesawat

- penyewaan mobil

Sasaran dari situs tiket.com adalah masyarakat yang ingin melakukan travel, perusahaan transportasi dan perhotelan yang ingin bekerja sama. Tiket.com sudah diunduh lebih dari lima juta unduhan. Atau melonjak 280% dari tahun lalu. 



Alibaba.com


Alibaba.com merupakan perusahaan e-commerce yang didirikan Jack Ma dan rekannya pada tahun 1999. Marketplace tersebut adalah bisnis pertama Pria kelahiran 1964 itu. Alibaba telah menjadi salah satu e-commerce raksasa di dunia. Jumlah pembeli di situs Alibaba.com diklaim sudah menjangkau 190 negara. Penggunanya tidak hanya individu, tapi juga pengecer, produsen, pedagang besar, Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di bisnis ekspor impor, maupun agen perdagangan. Cloud computing yang digunakan adalah jenis Software as a Service (SaaS) dimana kita tinggal memakai software (perangkat lunak) yang telah disediakan.

Alibaba.com menyediakan berbagai perlengkapan seperti alat elektronik, perlengkapan rumah, pakaian, aksesoris HP dan masih banyak lagi.

Sasaran dari situs alibaba.com adalah agen perdagangan, pedagang besar, pengecer, produsen, dan UKM yang terlibat dalam bisnis impor dan ekspor. Pada 2015, Alibaba memiliki pangsa pasar 58 persen di China dan saingan terdekatnya berada pada jauh di 22 persen. Salah satu kekuatan utama China adalah dominasi pangsa pasar ini hadir karena dukungan produsen padat yang mampu berproduksi di tingkat produksi masal dan memasok ke seluruh dunia.



 Sumber : 


https://www.tiket.com/help-center

https://www.progresstech.co.id/blog/jenis-cloud/

https://teknologi.bisnis.com/read/20190429/84/916792/alibaba-cloud-kuasai-pasar-asia-pasifik
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180910073834-185-329029/gurita-bisnis-grup-alibaba-dari-e-commerce-hingga-fintech

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Media Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.

Lunturnya Budaya Gotong Royong Dalam Masyarakat

3 Aplikasi Animasi 3D Terbaik