Tugas VClass #3 : Pemrograman Jaringan

Soal
1.Apakah pengertian dari DNS dan kegunaan DNS ?
2. Berikan Penjelasan mengenai Struktur dari DNS dari Root awal hingga Akhir Sub domain
3.Apakah yang disebut nslookup dan fungsi dari nslookup
4.Berikan Salah satu sintaks, untuk mencari DNS dari sebuah laman WEB !!!

Jawaban
1. Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address.

2. Struktur dari DNS
Root Level (.)
Merupakan level utama (level paling penting) sekaligus level awal dari sebuah domain dimana ketika DNS server akan mencari sebuah alamat domain, maka yang diakses terlebih dahulu adalah root level.
Top Level Domain (.com, .org, .net, .id, dsb.)
Merupakan level kedua setelah root level dimana ketika DNS telah mengakses ke root, maka akan langsung mengakses ke level ini.
Second Level Domain (google, yahoo, dsb.)
Merupakan level setelah TLD, dimana ketika DNS telah mengakses ke root dan TLD, akan langung mengakses ke SLD.
Sub Level Domain
Merupakan cabang dari domain diatas, bisa merupakan menu atau aplikasi tambahan pada domain utama. Contoh: mail.google.com

3. Apa itu nslookup
Nama nslookup berarti name server lookup. Nslookup menggunakan lokal sistem operasi perpustakaan domain name systemresolver untuk melakukan query nya. Oleh karena itu, dikonfigurasi secara otomatis oleh isi dari system operasi file resolf.conf.
Fungsi
nslookup beroperasi dalam modus interaktif atau non-interaktif. Ketika digunakan secara interaktif, ketika program dipanggil tanpa argumen (pilihan lain ada), isu-isu user konfigurasi parameter atau permintaan saat mempresentasikan ('>') nslookup prompt baris demi baris mode. Dalam parameter mode non-interaktif dan syarat itu ditetapkan sebagai argumen baris perintah dalam pemanggilan program. 

4 - Sintaks
nslookup [-option] [name | -] [server] nslookup [-option] [nama | -] [server]
Contoh : website youtube
Output :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Media Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.

Lunturnya Budaya Gotong Royong Dalam Masyarakat

3 Aplikasi Animasi 3D Terbaik