Perlukah Memasang Antivirus Pada PC ?

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga perangkat lunak perlindungan virus. Program ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

Fakta mengatakan, menggunakan Antivirus lebih berat dibandingkan versi Windows Defender. Mengapa? Karena Antivirus tiap harinya bertambah virus definition yang berfungsi menganalisa dan proteksi dini pada sistem komputer anda. Namun Windows Defender tidak. Walau jarang update (beberapa hari sekali saja biasanya), namun kalau ada bahaya dia akan memberitahu kita langsung dan membuat kita terlindungi.

Berikut adalah alasan mengapa kita tidak perlu antivirus tambahan :

1. Windows 8 dan 10 sudah memiliki antivirus bawaan yang ampuh dan baik.
-     2. Tanpa antivirus tambahan, windows akan terasa lebih ringan & cepat karena tidak dibebani dengan software antivirus yang terkenal menghabiskan sumber daya CPU &     RAM.
-     3. Di windows 8 & 10, jika menginstal antivirus tambahan, bisa saja mereka bentrok    dengan windows defender (Jika windows defender tidak di disable terlebih dahulu).
-     4.  Antivirus pihak ketiga biasanya lebih galak dari pada windows defender dalam hal menghapus software atau game pak tani / bajakan sehingga merugikan pengguna.
-     5. Kita akan lebih irit qouta & bandwidth internet karena kita hanya perlu mengupdate 1 antivirus saja yaitu windows defender / MSE.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Media Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.

Lunturnya Budaya Gotong Royong Dalam Masyarakat

3 Aplikasi Animasi 3D Terbaik