Fungsi Cloud Computing

Cloud computing merupaka perubahan besar dari cara tradisional sebuah bisnis berpikir tentang sumber daya IT. Ada apa dengan cloud computing? Mengapa cloud computing begitu populer? Berikut alasannya.
Dengan adanya cloud computing akan mengubah paradigma perusahaan ataupun organisasi IT
dalam  memandang  investasi  teknologi  komunikasi  informasi.  "Investasi  untuk  modal  kapital
berubah menjadi  biaya  operasional  dengan  besaran  yang  lebih  efisien  akibat  adanya  cloud
computing,dan  Ini  membuat  para  pengguna  (user)  bebas  berkreasi  dan  tidak  perlu
menyediakan infrastruktur (data center, processing power, storage, sampai ke aplikasi desktop)
untuk dapat memiliki sebuah sistem, karena semuanya sudah disediakan secara virtual
Disaat  ini kebutuhan akan pemakaian  , pemeliharaan dan keamanan sistem  informasi semakin  meningkat,  mendorong  perusahaan  ataupun  organisasi  untuk  meningkatkan  dan mengamankan  sistem mereka,  namun Karena  perusahaan  ataupun  organisasi  tidak memiliki sumber  daya  yang  besar  untuk membeli  sistem  untuk  keperluan mereka    dan  bahkan  untuk memelihara sistem informasi mereka  ,terlebih  lagi untuk mengamankan sistem  tersebut maka kemungkinan  besar Cloud Computing  akan menjadi  pilihan  pertama  dan  kemungkinan  besar akan berkembang, khusunya di Indonesia. Bahkan dengan Cloud Computing, mereka (perusahaan / organisasi) hanya menyewa layanan atau jasa dari penyedia Cloud Computing. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya dengan Cloud Compuitng ini dapat mengurangi investasi awal dari sebuah perusahaan atau organisasi yang membutuhkan pememakaian, pemeliharaan dan keamanan sistem informasi yang lebih baik.
Ada beberapa point juga yang menjadi alasan menggunakan cloud computing yaitu :

1. Biaya
Cloud computing menghapus biaya untuk pembelian perangkat keras dan perangkat lunak, biaya pemasangan dan pemeliharaan server (data center), biaya listrik untuk daya dan pendinginan server, dan biaya para ahli IT untuk mengelolah infrastruktur.
2. Kecepatan
Kebanyakan layanan cloud computing yang ada bersifat self service (pelanggan memilih sendiri layanan yang mereka butuhkan dan membayar sesuai layanan yang dipilih), sehingga bahkan sumber daya komputasi dalam jumlah besar dapat ditetapkan hanya dalam beberapa menit (biasanya hanya dengan beberapa klik) dan memberi bisnis banyak fleksibilitas.
3. Skala Global
Manfaat dari layanan cloud computing mencakup kemampuan untuk menimbang secara elastis. Dalam bahasa cloud, berarti memberi jumlah sumber daya IT yang tepat (misalnya, banyak sedikitnya daya komputasi, storage dan bandwidth), dan dari lokasi geografis yang tepat.
4. Produktifitas
Di lokasi data center biasanya memerlukan banyak “racking dan stacking”. Misalnya mengatur hardware, software patching, dan tugas-tugas manajemen IT lainnya yang membutuhkan waktu. Cloud computing menghilangkan kebutuhan untuk tugas-tugas ini, sehingga tim IT dapat meluangkan waktu lebih banyak pada pencapaian tujuan bisnis yang lebih penting.
5. Performa
Layanan cloud computing terbesar berjalan pada jaringan internasional data center yang aman, yang secara teratur di-upgrade ke hardware komputer generasi terbaru yang lebih cepat dan efisien. Dengan demikian, cloud computing menawarkan beberapa keuntungan yang lebih dari data center perusahaan tunggal.
6. Keandalan
Cloud computing membuat backup data, pemulihan data yang rusak, kelangsungan bisnis lebih mudah dan lebih murah, karena data dapat ditampilkan di beberapa situs sekaligus pada jaringan penyedia cloud.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Media Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.

Lunturnya Budaya Gotong Royong Dalam Masyarakat

3 Aplikasi Animasi 3D Terbaik