Manfaat Media Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.


Media komunikasi memiliki ‘segudang’ manfaat yang berguna bagi masyarakat. Dengan media komunikasi dapat membangun individu, masyarakat dan juga negara kearah yang lebih maju. Media komunikasi berguna untuk memperluas hubungan komunikasi antar manusia dan juga memperbesar kemampuan manusia untuk menjalin hubungan antar manusia. Melalui media komunikasi seseorang atau pun kelompok menyampaikan apa yang ada dalam benak pikirannya dan atau perasaan hati nuraninya kepada orang lain, hal ini juga merupakan langkah menghindari keterasingan atau terisolasi dari lingkungan.

Menurut Ruben, kegunaan media komunikasi memperluas komunikasi antar manusia dengan dengan cara sebagai berikut :

a.       Meningkatkan produksi pesan dan pendistribusian

b.      Meningkatkan persediaan, penyimpanan dan temu balik pesan komunikasi.

Selain itu dengan adanya media komunikasi dapat meningkatkan peradaban manusia karena melalaui media komunikasi manusia belajar, bersosialisasi dan berinteraksi.

Media komunikasi dengan segala kegunaannya diharapkan megandung beberapa hal seperti unsur informasi, unsur hiburan, pendidikan, dll.

-       Kelebihan Media Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.

Kelebihan pada media komunikasi dianggap sebagai hal yang menunjang dalam perkembangan kehidupan manusia.

Misalnya saja dalam perkembangan dunia pendidikan. Dimana dengan adanya media komunikasi, ilmu atau pun pendidikan dapat disalurkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah system belajar jarak jauh. Metode pembelajaran yang tidak mengenal batas ruang dan waktu, mahasiswa dapat belajar dimana dan kapan pun seperti yang diselenggarakan Universitas Terbuka. Seperti yang diutarakan oleh Burgen & Huffner 2002 bahwa dengan teknolgi komunikasi yang berteknologi tinggi dapat lebih efisien dalam penyebaran informasi. Efisien yang dimaksudkan adalah penghematan dari segi waktu, biaya, pemikiran dan tenaga.

Media komunikasi memang berkembang pesat dalam kehidupan manusia, contoh lainnya dapat dilihat dari Iklan Layanan Masyarakat ( ILM ). Iklan yang bertujuan informasi ini dengan bantuan media televisi, radio ataupun cetak, dapat menyebar keseluruh pelosok yang mungkin sulit dijangkau serta dari sisi waktu pun tentunya akan relative lebih singkat.

Selain itu dalam kehidupan sehari-hari, hal yang paling sering dijumpai adalah media komunikasi televisi. Hampir dalam kesehariannya individu selalu menggunakan media yang satu ini. Mulai dari anak-anak hingga orang tua. Umumnya media komunikasi ini digunakan sebagai sarana hiburan. Diantara kepenatan segala rutinitas hiburan merupakan kelebihan yang dimiliki media komunikasi.

-       Kekurangan Media Komunikasi

Diantara segala kelebihan yang dimiliki media komunikasi, tak luput dari kekurangan yang menyertainya. Media komunikasi yang terus berkembang disertai kemajuan teknologi kerap menghadirkan keresahan dimasyarakat. Sebut saja media yang sering digunakan dan sangat mudah aksesnya seperti internet. Banyak anak-anak yang kurang memiliki pengawasan dari orang tua, mengakses situs-situs yang tidak layak untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lunturnya Budaya Gotong Royong Dalam Masyarakat

3 Aplikasi Animasi 3D Terbaik