Rempah-Rempah yang Banyak Dicari Oleh Bangsa Asing


Indonesia memang terkenal kaya akan rempah – rempahnya karna berada diwilayah tropis tak heran kalau negara – negara di eropa dan amerika serikat mulai tertarik untuk menggunakan rempah – rempah indonesia untuk berbagai kebutuhan.

Untuk itu, kita harus terus melestarikan rempah – rempah yang ada karna hanya tumbuh subur dan berproduksi di daerah tropis seperti negara tercinta Indonesia.

Berikut daftar  rempah-rempah Indonesia yang dicari bangsa Eropa yang perlu anda ketahui

1.Merica / lada

Merica atau lada merupakan salah satu rempah Indonesia yang paling dicari bangsa Eropa. Rempah asli Indonesia ini sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia sejak berabad-abad lalu. Tentu saja rempah yang satu ini sangat diminati bangsa Eropa karena masakan khas barat tidak bisa lepas dari rempah yang satu ini. Di Indonesia sendiri, keberadaan merica dimanfaatkan sebagai penyedap makanan yang memiliki rasa agak pedas dan bersifat menghangatkan tubuh.

2.Cengkeh

Cengkeh atau cengkih (Syzygium aromaticum ) merupakan tanaman herba tahunan Asli Indonesia. Tidak hanya dijadikan rempah pada masakan-masakan tradisional, cengkeh inipun digunakan sebagai bahan dasar pembuatan rokok dan obat-obatan.

3.Jahe

Rasa dan aroma jahe yang hangat menjadikannya sebagai komoditi yang sangat populer di Eropa.

Jahe merupakan rempah umum untuk masakan Asia yang sekaligus dijadikan sebagai bahan pengobatan tradisional selama ratusan tahun. Rasa dan aromanya yang hangat menjadikannya sebagai komoditi yang sangat populer di Eropa.

4.Pala

Pala yang diproduksi di Indonesia banyak dicari karena memiliki kualitas terbaik dunia.

Pala (Myristica fragrans ) merupakan rempah asli Indonesia dari Maluku. Pala yang diproduksi di Indonesia memiliki kualitas terbaik dunia. Kegunaannya sangat beragam mulai dari bumbu penyedap kue, minuman penyegar, dibuat manisan hingga dijadikan sebagai bahan pengawet.

5.Kayu manis

Aroma kayu manis diketahui tajam, terasa pedas dan manis sehingga terkenal di seluruh penjuru dunia sebagai rempah-rempah berharga.

Kayu manis (Cinnamon) merupakan adalah salah satu jenis pohon penghasil rempah-rempah yang terkenal. Aroma kayu manis diketahui tajam, terasa pedas dan manis. Kayu manis juga secara tradisional memiliki kandungan yang berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit diabetes. Bangsa Mesir Kuno bahkan telah menggunakan kayu manis untuk bahan mumifikasi.

7.Kapulaga

Kapulaga (Amomum compactum) dimanfaatkan sebagai bumbu rempah untuk meningkatkan cita rasa masakan.

Kapulaga (Amomum compactum) dimanfaatkan sebagai bumbu rempah untuk meningkatkan cita rasa masakan. Kapulaga juga dapat dimanfaatkan untuk aromaterapi yang berguna menghilangkan stres.

Pasar dunia mulai melirik tanaman ini sebagai salah satu tanaman rempah utama pada proses masak-memasaknya, sehingga berbagai negara mulai membudidayakannya. Jika dilihat sepintas, tanaman ini nampak seperti tanaman jahe, lengkuas. Batangnya tumbuh tegak dengan tinggi berkisar 1 sampai 3 meter.

8.Kunyit

Rempah asli Indonesia salah satunya adalah kunyit. Kunyit (Curcuma longa ) merupakan tanaman rempah-rempah atau tanaman obat asli yang berasal dari Asia Tenggara termasuk Indonesia. Kunyit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, juga untuk kecantikan wajah dan kulit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Media Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.

Lunturnya Budaya Gotong Royong Dalam Masyarakat

3 Aplikasi Animasi 3D Terbaik