Pengenalan Python


Python adalah bahasa pemrograman komputer, sama layaknya seperti bahasa pemrogman lain, misalnya C, C++, Pascal, Java, Perl dan lain-lain. Sebagai bahasa pemrograman, python tentu memiliki dialek, kosa kata atau kata kunci (keyword), dan aturan tersendiri yang jelas berbeda dengan bahasa pemrograman lain.

Bahasa pemrograman python disusun diakhir tahun 1980-an dan implementasinya dimulai  pada Desember 1989 oleh Guido Van Rossum di Centrum Wiskunde & Information (CWI), sebuah pusat riset di bidang matematika dan sains, Amsterdam-Belanda; sebagai suksetor atau pengganti dari  bahasa pemrograman pendahulunya, bahasa pemrograman ABC, yang juga dikembangkan di CWI oleh Leo Geurts, Lambert Meertens, dan Stevan Pemberton.

Python 2 atau python 3?

Sejak versi 2.7, python 2 dan python dirilis secara simultan (paralel). Python 2 masih terus dikemabangkan dan diperbaharui sebagai rilis terakhir dari python 2, alasannya karena banyak progremer enggan beralih dari python 2 ke python 3.

Python adalah interpreter

Kode program yang ditulis dalam python (file .py) dieksekusi dengan menggunakan python interpreter, sama seperti Php, Perl, dan Ruby. Meskipun demikian pada saat kode program dieksekusi, secara implisit python sebenarnya melakukan kompilasi terhadap kode tersebut terlebih dahulu. Hasil kompilasi ini berupa byte code (file .pyc). Selanjutnya, yang dieksekusi python Virtual Machine (PVM) adalah byte code, bukan kode programnya. PVM adalah mesin runtime untuk python.

Siapa saja para pengguna python 

Saat ini, python sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau organisasi-organisasi besar untuk mengembangkan sistem yang mereka butuhkan, Mesin percari google, youtube, dan produk-produk google lainnya seperti google app engine adalah contoh sistem yang dikembangkan menggunakan python.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Media Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.

Lunturnya Budaya Gotong Royong Dalam Masyarakat

3 Aplikasi Animasi 3D Terbaik